Desa Tumbu Bangun Tanggul Di Pesisir Pantai Untuk Penghalang Ombak Dan Objek Wisata

INDONESIASATU.CO.ID:

MAMUJU TENGAH -Daerah pesisir memang selalu dihantui rasa kekhawatiranakibat abrasi yang suatu saat dapatmengikis pesisir pantai apabila tidak dilakukan penanganan sedini mungkin,cara yang paling efektif dengan membangun tanggul untuk menghalau terjangan ombak yang dapat merusak bangunan yang ada diwilayah pesisir pantai tumbu. Hal itu dikatakan oleh Kepala Desa Tumbu, Alhaer.

Lanjut, Alhaer, selaku pemerintah Desa Tumbu, Kecamatan Topoyo kabupaten Mamuju Tengah provinsi Sulawesi Barat, bersyukur dapat membangun tanggul menggunakan Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat yang berlokasi di dusun tumbu tepatnya di depan masjid tua, yang konon  historisnya  masjid itu dibangun oleh salah satu wali yang mahsyur  yaitu imam lapeo.

"Pembangunan Tanggul ini dimaksud untuk mengatasi abrasi pantai yang semakin hari mengikis daratan pemukiman warga Desa Tumbu, dan tanggul dibentuk sedemikian rupa menyerupai bentuk depan kapal yang juga ditengah-tengah tanggul akan dibuat kolam untuk persiapan Objek wisata."tutur Alhaer. 

Alhaer, Kepala Desa Tumbu saat dikonfirmasi di lokasi pembangunan tanggul mengatakan pembuatan tanggul diharapkan dapat menjadi penghalang deburan ombak yang akan mengikis  pemukiman warga dan sengaja dibuat bentuknya menyerupai kapal dengan tujuan untuk kedepannya bisa dijadikan objek wisata.

Alhaer menambahkan, direncanakan tanggul ini akan kita mengundang pemerintah kabupaten Mamuju tenga untuk meresmikan, agar selalu terjalin sinergitas yang baik sekaligus memperkenalkan objek wisata baru yang  sementara  digagas di Desa Tumbu. (sirajuddin/sandi)

  • Whatsapp

Index Berita