Bappeda Mamuju Tengah Gelar Musrenbang Perubahan RPJMD Periode 2016-2021

INDONESIASATU.CO.ID:

MAMUJU TENGAH –Musrenbang saat ini dilaksanakan adalah merupakan bagian dari tahapan penyusunan perubahan RPJMD tahun 2016-2021 yang selanjutnya akan menjadi bahan dalam penyusunan rancangan akhir pembahasan RPJMD Kab. Mamuju tengah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Mamuju tengah, H. Arsal Aras, Sekkab.Mamuju tengah, H. Askary, Kepala Bappeda Mamuju tengah, Ishaq Yunus, Ketua Lembaga KPK Mamuju tengah,Muslimin, seluruh OPD lingkup Mamuju tengah, TNI-POLRI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, seluruh Kepala Desa, LSM, dan Pers. Senin (31/12/2018).

Kepala Bappeda Mamuju tengah, Ishaq Yunus meyampaikan Perubahan RPJMD, ini dilakukan berdasarkan permendagri 86 tahun 2017 dengan 3 alasan, bahwa dari hasil pengendalian dan evaluasi menunjukkan proses perumusan tidak sesuai tahapan dan tatacara penyusunan rencana pembangunan daerah, hasil pengendalian dan evaluasi menunjukkan bahwa substansi tidak sesuai peraturan menteri dalam negeri no.86 tahun 2017, terjadi perubahan mendasar yang meliputi, bencana alam, politik, krisis ekonomi, konflik social, budaya,gangguan keamanan, pemekaran daerah dan perubahan kebijakan nasional.

Lanjut Ishaq Yunus, perubahan RPJMD tidak dapat dilaksanakan, apabila sisa masa berlaku RPJMD kurang dari 3 tahun, jadi kalau melampaui batas waktu 3 tahun masa jabatan bupati, maka tidak memungkinkan lagi melaksanakan perubahan RPJMD.

“Yang menyebabkan perubahan RPJMD adalah adanya perubahan kebijakan nasional, yakni lahirnya beberapa kebijakan peraturan dalam bentuk perundang-undangan,diantaranya lahirnya peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2018 tentang standar pelayanan minimal. “ tegas Ishaq Yunus.

Standar pelayanan minimal merupakan pelayanan pemerintahan yang wajib hukumnya diintegrasikan dalam RPJMD dan permendagri no 7 tahun 2018 yang mengamanatkan bahwa penyusunan dokumen perencanaan wajib hukumnya mengintegrasikan program tujuan pembangunan berkelanjutan ke dalam RPJMD.

Kemudian tujuan dilaksanakannya perubahan RPJMD adalah untuk melengkapi dan menyempurnakan RPJMD sebelumnya. (sirajuddin)

  • Whatsapp

Index Berita